14 NovMewujudkan UB menjadi World Class Entrepreneurial University

“Share knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blog” demikian tagline yang diberikan oleh panitia blogmetrics UB 2012. Dengan mengusung tema ““Meningkatkan Peran Sivitas Akademika Dalam Mewujudkan World Class Enterpreneurial Universitymendorong para dosen, staff dan mahasiswa untuk berkontribusi bagi kemajuan Universitas Brawijaya.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para sivitas akademika untuk bisa mewujudkan Universitas Brawijaya sebagai World Class Entrepreneurial University” yaitu dengan penyelenggaraaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan standar-satandar internasional dan mendapatkan pengakuan secara internasional.

Pengakuan dari lembaga akreditasi internasional yang diraih oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari ABEST 21 serta Fakultas Teknologi Pertanian dari Institute of Food Technologists (IFT), USA adalah salah satu upaya Universitas Brawijaya untuk menjadi perguruan tinggi yang betul-betul bertaraf internasional. Pengakuan-pengakuan dari masyarakat nasional dan internasional terhadap institusi Universitas Brawijaya ini harus diupayakan sesuai dengan harapan mereka, diwujudkan menjadi sebuah kenyataan.

Akreditasi Internasional FEB UB diperoleh dari ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century Organisation) – Lembaga Akreditasi Internasional yang berpusat di Tokyo, Jepang.  FEB UB mencatatkan diri sebagai yang pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi Internasional ini. Selain itu FEB UB juga sedang berproses untuk mendapatkan akreditasi internasional dari AACSB sebuah lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Amerika Serikat.

Akreditasi internasional yang diraih oleh FTP UB dari  Institute of Food Technologists (IFT), USA   menempatkan UB sebagai universitas kedua di Indonesia yang mendapatkan akreditasi internasional setelah IPB.

Saat ini dosen dan mahasiswa Universitas Brawijaya telah banyak berkiprah dalam forum-forum ilmiah nasional dan juga internasional, dengan prestasi yang membanggakan. Di ajang resmi yang diadakan oleh Dirjen Dikti (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) antara lain: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional dan Pekan Seni Mahasiswa Nasional para mahasiswa UB telah menunjukkan prestasinya. Dosen-dosen juga telah banyak menghasilkan penelitian yang dipublikasi di jurnal nasional serta menerbitkan buku-buku yang menjadi buku acuan .

Minat dosen dan mahasiswa untuk berkiprah di forum-forum ilmiah, olahraga dan seni di tingkat nasional dan internasional ini harus didukung oleh penyediaan dana yang tentu saja tidak sedikit.  Harus disadari bahwa dosen dan mahasiswa serta staff yang berkiprah di forum-forum tersebut akan membawa nama baik Universitas Brawijaya ke pentas dunia. Maka harus ada upaya keras memfasilitasi dosen, mahasiswa dan staff yang memiliki keinginan untuk berprestasi.

Secara tampilan fisik Universitas Brawijaya telah memiliki ciri khas yang membedakan dengan perguruan tinggi lain, dengan kualitas fisik yang mengagumkan. Tapi itu saja itu cukup, banyak hal yang mendasar untuk penyediaan proses belajar mengajar, pengabdian masyarakat serta penelitian yang memiliki standar internasional.

Mengunduh file:

Share knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blog

 

 

11 Responses to “Mewujudkan UB menjadi World Class Entrepreneurial University”

  1. [...] Share knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blo… [...]

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*